Wednesday, November 10, 2010

NUCLEAR FOOTBALL : KOPER HITAM OBAMA YANG BERISI PEMICU NUKLIR

Nuclear Football (President's Emergency Satchel dan The Button) merupakan tas atau koper hitam yang selalu menjadi bawaan setia seorang presiden Amerika. Menurut informasi yang goceng blog dapatkan, koper hitam ini berisi buku instruksi dan pemicu nuklir. Biasanya, The Football atau Nuclear Football yang berbentuk koper hitam ini dibawa oleh seorang perwira yang mendampingi presiden USA.

NUCLEAR FOOTBALL : TAS HITAM OBAMA YANG BERISI PEMICU NUKLIR

The Football atau koper berwarna hitam yang beratnya 18 kg tersebut berfungsi untuk memerintahkan penggunaan senjata nuklir, dirancang agar presiden dapat memberi perintah itu ketika tidak berada di tempat komando, misalnya White House Situation Room. Isi lengkap dari koper hitam tersebut sebenarnya dirahasiakan, akan tetapi entah kenapa akhirnya rahasia itu terbongkar. Adapun isinya berupa alat untuk mengaktifkan senjata nuklir, Black Book (buku setebal 75 hal, dengan ukuran 9*12inch) yang berisi hal-hal terkait peluncuran nuklir, buku manual, dan kartu berukuran 3*5 inch yang berisi kode otentifikasi.

NUCLEAR FOOTBALL : TAS HITAM OBAMA YANG BERISI PEMICU NUKLIR

NUCLEAR FOOTBALL : TAS HITAM OBAMA YANG BERISI PEMICU NUKLIR

Nuclear Football ini digunakan pertama kali pada masa presiden John F. Keneddy, ketiba krisis Cuba berlangsung. Saat itu, USA sedang berseteru dengan Soviet. JFK saat itu khawatir kalau saja komandan Soviet di Kuba tiba-tiba meluncurkan nuklir tanpa perintah dari Moscow, hal inilah yang memicu JFK untuk membuat alat peluncur nuklir yang mobile.

Waduh ternyata serem banget juga ya bawaanya Presiden Obama. Tapi apakah waktu berkunjung ke Indonesia kemarin koper hitam tersebut dibawa juga?

[wikipedia/kaskus]

No comments:

Post a Comment