Tuesday, October 5, 2010

VIDEO WAWANCARA PRESIDEN RMS JOHN WATTILETE TOKOH PENYEBAB PRESIDEN BATAL KE BELANDA

Presiden SBY batal ke Belanda akibat adanya tuntutan penangkapan SBY pada saat melaksanakan kunjungan kenegaraan ke Negeri Belanda. Tuntutan tersebut disampaikan oleh Presiden RMS John Wattilete. Selain itu, Wattilete juga meminta Perdana Menteri (demisioner) JP Balkenende menghimbau Presiden RI mengakhiri apa yang disebutnya sebagai pemenjaraan dan penyiksaan para pengikut RMS. Disebutkan pula bahwa saat ini di Maluku terdapat 90 pengikut RMS dipenjarakan.


"Itu menyangkut harga diri dan kehormatan kita sebagai bangsa. Saya tahu itu adalah pengadilan biasa, tapi ini menyangkut harga diri," kata SBY.

Wattilete juga menginginkan agar Presiden RI menjelaskan di mana mantan presiden RMS Soumokil dimakamkan. Berdasarkan catatan, gerakan separatis RMS ditumpas oleh TNI pada 1952, dua tahun setelah RMS diproklamirkan oleh Dr. Christiaan Robert Steven Soumokil pada 25/4/1950. Soumokil meloloskan diri dan meneruskan gerilya sampai akhirnya ditangkap pada 1962 dan empat tahun kemudian dia dieksekusi mati.

Akibat peristiwa tersbut, Menurut Dubes RI Habibie, Pemerintah RI sudah mendapatkan jaminan tertinggi dari Pemerintah Belanda terhadap keselamatan Presiden RI termasuk posisi tegas Pemerintah Belanda untuk tidak mengakui RMS.

Berikut ini merupakan video wawancara Presiden RMS John Wattilete tokoh penyebab batalnya kunjungan Presiden :





Silahkan cari berita menarik lainnya dari goceng blog dengan melihat daftar isi atau lihat artikel yang paling banyak di baca atau juga sekedar lihat Video dan Foto Kambing naik pohon mirip kera.

[berbagai sumber]

No comments:

Post a Comment